Berbisnis dibidang peternakan bukan hanya sekedar beternak ayam saja, melainkan juga bisa dengan menjadi supplier. Akan tetapi, tidak banyak orang bisa menjalankannya dengan maksimal. Mengapa bisa begitu? pasalnya, orang tersebut belum mengetahui 5 cara menjadi supplier ayam potong dengan mudah dan sukses.

Sebenarnya supplier ayam potong yang sekarang marak dijalankan adalah bentuk peralihan dari penjual ayam potong yang tidak laku. Sehingga daripada ayam disimpan di lemari pendingin dan besoknya dijual lagi, pasti tingkat kesegarannya berkurang dan kurang layak untuk dijual.

Namun ternyata menjadi supplier ayam potong tidak semudah membalikkan telapak tangan. Belum lagi masih banyak orang yang kurang paham mengenai tata cara menjadi supplier yang baik dan benar. Daripada berlama-lama dalam kebimbangan, baiknya simak 5 cara menjadi supplier ayam potong dengan mudah dan sukses berikut ini:

1. Jalin Relasi dengan Pemilik Rumah Makan Seluas Mungkin

Cara pertama adalah dengan menjalin relasi seluas mungkin dengan berbagai orang, terutama pemilik rumah makan. Pada awal pertemuan hindari langsung menawarkan bisnis, melainkan gali informasi sedalam mungkin mengenai menu-meni yang dihidangkan di rumah makan tersebut.

Apabila di rumah makan tersebut belum terdapat olahan ayam, maka bisa memberikan masukan mengenai resep masakan ayam. Usahakan terlebih dahulu menarik perhatian pemilik restoran, baru jika pemilik sudah memiliki kepercayaan, segera ajak untuk menjalin bisnis lebih dalam lagi.

2. Tawarkan Ayam Potong Kualitas Terbaik kepada Pemilik Restoran

Pasca menjalin relasi dengan baik dan sudah tertanam kepercayaan kepada masing-masing pihak, selanjutnya adalah dengan menawarkan ayam potong. Ketika melakukan cara ini baiknya tunjukkan kualitas ayam potong terbaik dibanding lainnya. Mengapa? agar pemilik restoran tidak kecewa telah menjalin kerjasama.

Namun, tidak menutup kemungkinan beberapa dari pemilik restoran bahkan ada yang sengaja menolak kualitas terbaik. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengetes tingkat kejujuran dan keamanahan seorang supplier ayam potong. Oleh sebab itu, hendaknya selalu berhati-hati ketika berkomunikasi dengan client.

3. Menjual Ayam Potong Secara Ecer

Penyebab ayam potong yang dijual oleh supplier tidak laku adalah karena harganya terlalu mahal apabila dijual kiloan. Oleh karena itu, seorang supplier harus pintar mencari solusi dan menemukan jalan keluar mengenai bisnis yang dikelolanya. Lantas bagaimana cara mensiasati ayam potong ini?

Yaitu bisa dengan menjadi supplier ayam potong yang dijual secara ecer. Pasalnya, beberapa pembeli lebih memilih membeli ayam potong dengan ecer sebab harganya jauh lebih murah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga dengan cara ini dijamin ayam potong pasti akan cepat laku terjual.

4. Mensiasati dengan Mengolah Ayam Potong Menggunakan Bumbu Kuning

Cara menjadi supplier ayam potong dengan mudah dan mampu meraup kesuksesan adalah menjual ayam tersebut dalam keadaan sudah dibumbui. Biasanya, hal ini cenderung banyak diminati oleh pembeli, terlebih lagi para ibu rumah tangga yang juga bekerja.

Bumbu kuning pada ayam potong ini nantinya juga bisa ditawarkan di warung makan sederhana di sekitar tempat tinggal. Jangan lupa berikan harga khusus bagi pemilik warung yang selalu meminta pasokan ayam potong dalam jumlah banyak. Trik ini dilakukan agar orang tersebut senang menjalin kerjasama.

5. Promosikan Lewat Sosial Media

Cara yang tidak kalah penting dilakukan agar bisnis supplier ayam potong menghasilkan omset besar yakni dengan mempromosikannya di sosial media. Apakah bisa? Tentu saja bisa, jaman sekarang ini apa saja dapat dipromosikan lewat sosial media, pasalnya jangkauan pasarnya lebih luas.

5 cara menjadi supplier ayam potong di atas sangat mudah bukan? Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan menghasilkan omset besar. Oleh karenanya jangan segan memberikan potongan harga maupun melakukan promosi ke berbagi kanal sosial media. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *